Festival Jamu dan Kuliner di Cilacap, Tumpah Ruah
Senin, 7 Oktober 2019

 

Lenggak-lenggok mbok jamu, menjadi pembuka Festival Jamu dan Kuliner se Jawa Tengah, di Lapangan Eks Batalyon 405 Kabupaten Cilacap, Jumat (27/9) malam. Beragam produk jamu dari berbagai daerah di Jawa Tengah, bisa didapatkan pada stand-stand di festival yang digelar pada tanggal 27-29 September 2019.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi mengatakan, “banyak inovasi jamu yang bisa ditemui di Festival Jamu dan Kuliner Jawa Tengah. Mulai dari kemasannya yang menarik, hingga beragam produk olahannya yang bakal disukai anak-anak berbentuk aneka serbuk, permen, dan es krim”.

Melalui festival ini, menjadi langkah konkrit merawat dan memperkuat persepsi masyarakat tentang manfaat jamu untuk kesehatan. Perusahaan Jamu PT Gujati 59 Utama mengajak seluruh masyarakat di Cilacap, minum jamu bersama di Festival Jamu dan Kuliner dengan membagikan jamu anak pintar “Helios”. Jamu anak ini disambut antusias oleh semua kalangan umur yang ikut mencoba minum jamu, tak lupa pengunjung membawa produk Jamu anak “Helios” sebagai oleh-oleh.

Akhir acara Festival jamu ditutup dengan Minum Jamu bersama jamu Jahe “jahe arum” setelah kegiatan Senam bersama (29/9) pagi. Ramai dikunjungi pengunjung masyarakat setempat dan wisatawan Mancanegara. Kegiatan dilanjutkan berkunjung ke stand-stand jamu dan kuliner. Guna mengenal budaya jamu dan mulai melestarikan jamu yang dapat dikonsumsi dirumah dengan membeli produk-produk jamu.